Program Eko-Sosial Pemanfaatan Sampah Dan Peningkatan Taraf Hidup Para Pengais Sampah 2017

485e72d14060e214ed1dcfa3ce3270fa1ade365c

sampah untuk sebagian orang sangat menjijikan dan berusaha “dihindari” karena baunya yang menyengat dan tak sedap dipandang oleh mata. akan tetapi untuk sebagain yang lainnya ini menjadi sumber penghasilan dan pengharapan mereka untuk dapat “mengisi perut’ meskipun sampah itu menjijikan. mereka inilah yang terkadang di sepelekan bahkan terpinggirkan oleh orang-orang sekitar karena pekerjaan meraka yang berhubungan dengan sampah.

46f665cf01f7290be4aeea9fb49c613b15abd76b

padahal hampir dari kita menghasilkan sampah yang begitu banyaknya dan seakan tak peduli akan kemanakah sampah yang telah kita buang bahkan kita membuang sampah di sembarang tempat dengan “santainya” kita meninggalkan sampah begitu saja dan tak peduli bagaimana “nasib” dari sampah tersebut.

95e004d297642ffaf9a27649c789d18f20701214

sebagian yang lain “mereka” berebut sampah karena merupakan sumber penghidupan, tapi apakah kita hanya berdiam diri dan mengandalkan “pemerintah” saja ?, padahal kita pun menghasilkan sampah lagi dan lagi. sampah yang kita hasilkan semakin lama makin menggunung dan hingga sekarang masih belum ada pengoptimalan untuk menghilangkan “gunungan sampah” yang sudah menumpuk dan menghasilkan “bau” yang tidak sedap dan mencemari udara yang kita hirup.

b2f0f67619285df86a6c1bc60b731944c9e85f5b

sampah yang tebuang ke sungai akan mengakibatkan biota (ekosistem/penghuni) berkurang bahkan bisa mengakibatkan kepunahan, dan indikasi sungai tercemar salah satunya adalah dengan adanya enceng gondok yang tumbuh subur, dan lagi-lagi mengakibatkan aliran sungai tersendat dampat terburuknya adalah pendangkalan sungai yang mengakibatkan banjir (pada musim hujan), ini terjadi akibat sampah yang kita buang dengan sembarangan.

dasar inilah yang membuat kami tergerak untuk melakukan sebuah perubahan, karena dari sampah inilah bisa dijadikan perubahan yang berkesinambungan dengan memanfaatkan “eceng gondok” dan “sampah” yang sudang menumpuk bermula dari lingkungan kami di Depok dan bukan tidak mungkin bisa di terepakan di semua daerah. sampah dan eceng gondok diolah bersama dengan “mereka” yang bertujuan untuk mensejahrakan dan meningkatkan taraf hidup mereka dengan teknologi tepat guna yang sedang kami kembankan.

eceng gondok berdasarkan hasil penelitian (selama 1 tahun) yang telah kami lakukan merujuk pada jurnal ilmiah dan penelitian sebelumnya eceng gondok mengandung banyak bahan organik, C (karbon) organik, N (nitrogen), P (pospor), dan K (kalium). senyawa kimia tersebut dapat dioptimalkan untuk mendegradasi (mengurangi) sampah yang dapat diaplikasikan oleh “mereka” melalui proses edukasi dan penerapan teknologi tepat guna tentunya, dengan memanfaatkan eceng gondok inilah sumber penghidupan “mereka” yang terpinggirkan bisa lebih sejahtera dan yang paling penting adalah sampah bisa berkurang serta lingkungan menjadi bersih, sungai menjadi jernih dan biota nya pun tetap tumbuh.

eceng gondok akan dimanfaatkan sebagi biokatalisator (enzyme), nutrient AB, media tanam dan biogas, hal inilah yang menjadikan sampah menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan dan bukan tidak mungkin akan menjadi awal kebangkitan perekonomian (mereka) dari yang awalnya hanya mengais sampah bisa menjadi pemanfaat sampah untuk dijadikan sumber penghasilan “mereka” yang dulunya terpinggirkan menjadi lebih bermartabat.

produk yang dihasilkan dari eceng gondok + sampah :

  1. berupa biokatalisator (enzyme) memiliki banyak fungsi seperti untuk menjernihkan air yang sudah tercemar (logam berat), penghilang bau sampah dan pendegrasi sampah yang sudah menumpuk.
  2. nutrient AB yang dihasilkan dari eceng gondok + sampah organik memiliki kualitas yang baik untuk mensuburkan tanaman dan tentunya mendukung program Go-Green.
  3. media tanam yang dihasilkan dari sisa proses nutrient AB dapat digunakan sebagai media tanam yang kaya akan unsur organik dan sangat bermanfaat untuk tanaman.
  4. biogas yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk proses “rumah tangga”

semua pruduk yang dihasilkan ini memiliki nilai jual yang sangat ekonomis (harga murah dan berkualitas) dengan berjuta manfaat yang bisa digunakan untuk mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup mereka.

apa saja yang akan “mereka” dapatkan :

  1. tambahan penghasilan dari pengolahan eceng gondok dan sampah.
  2. peningkatan taraf hidup.
  3. hidup yang lebih sehat.
  4. lapangan kerja baru.

kemudian apa saja yang akan “kita” dapatkan :

  1. pencemaran bisa berkurang.
  2. lingkungan menjadi bersih.
  3. membantu menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Donasi Sekarang di Kitabisa.com

Bergabung Di Sistem Bisnis Eko-Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *